Monday 6 June 2011

Pengembangan Multimedia Pembelajaran

Pengembangan multimedia adalah suatu rangkaian kegiatan mendesain program pembelajaran, memproduksi (proses membuat produk), memvalidasi dan menguji coba multimedia yang dihasilkan.
Multimedia adalah software yang memuat teks, gambar, suara, animasi dan video untuk menyampaikan materi pembelajaran tertentu yang disajikan melalui komputer multimedia. Produk ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna dalam arti pengoperasiannya dapat dikontrol oleh penggunanya dengan menggunakan keyboard dan atau mouse. Ketika pengguna memberikan stimulus maka produk akan memberikan respon. Program ini dapat digunakan untuk pembelajaran individu maupun kelompok.
Mata kuliah Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah pada Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Kode mata kuliah Media Pembelajaran adalah TPD 6302 dengan bobot 4 SKS dan 4 JS.
Kelayakan adalah kualitas multimedia pembelajaran ditinjau dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta hasil uji coba produk pada mahasiswa yang meliputi aspek pembelajaran, aspek isi/materi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman. Jika hasil penilaian akhir (keseluruhan) pada setiap aspek pembelajaran, aspek isi/materi, aspek tampilan dan aspek pemrograman mendapatkan minimal nilai “baik” oleh para ahli, maka produk hasil pengembangan tersebut sudah dianggap layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kualitas pembelajaran mata kuliah Media Pembelajaran adalah tingkat pencapaian tujuan belajar mata kuliah Media Pembelajaran melalui multimedia pembelajaran interaktif yang diwujudkan dalam pencapaian kemajuan belajar setiap mahasiswa berupa skor tes hasil belajar.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan!

 
I Kadek Suartama: Official Blog. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.