Tuesday 7 June 2011

Manajemen Sumber Belajar

Suatu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran antara lain belum dimanfaatkannya sumber belajar secara maksimal, baik oleh guru maupun peserta didik. Hal tersebut dipersulit lagi oleh suatu kondisi yang turun temurun, dimana guru mendominasi kegiatan dalam pembelajaran. Implementasi paradigma konstruktivisme dalam pembelajaran salah satunya menuntut supaya guru tidak lagi berperan sebagai aktor/aktris utama dalam pembelajaran, karena pembelajaran dapat dilakukan dengan mendayagunakan aneka ragam sumber belajar. Dengan demikian tidak ada lagi anggapan bahwa kegiatan pembelajaran baru dikatakan sempurna kalau ada ceramah dari guru. Demikian halnya peserta didik harus dapat belajar dengan baik tanpa didampingi oleh guru. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal peserta didik dituntut tidak hanya mengandalkan diri dari apa yang terjadi di dalam kelas, tetapi harus mampu dan mau menelusuri aneka ragam sumber belajar yang diperlukan. 
Pendayagunaan sumber belajar memiliki arti yang sangat penting, selain melengkapi, memelihara, dan memperkaya khazanah belajar, sumber belajar juga dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar, yang sangat menguntungkan baik bagi guru maupun bagi peserta didik. Dengan didayagunakannya sumber belajar secara maksimal, dimungkinkan orang yang belajar menggali berbagai jenis ilmu pegetahuan yang sesuai dengan bidangnya, sehingga pengetahuannya senantiasa aktual, serta mampu mengikuti akselerasi teknologi dan seni yang senantiasa berubah. Dalam kegiatan pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar seoptimal mungkin sangatlah penting, karena keefektifan proses pembelajaran ditentukan pula oleh kemampuan peserta didik dan guru dalam mendayagunakan sumber-sumber belajar. Untuk dapat mendayagunakan sumber belajar secara optimal, sangat diperlukan keahlian dalam melakukan manajemen terhadap sumber belajar. Oleh karena itu, pengetahuan tentang manajemen menjadi sangat penting.

2 komentar:

Anonymous said...

trus kalau pusat sumber belajar apaan thu?

I Kadek Suartama said...

pusat sumber belajar adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai sumber belajar

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan!

 
I Kadek Suartama: Official Blog. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.